Music

Music

Monday 13 April 2015

Anorexia Nervosa

requested by violin incabella :3 (instagram : @violinviolin_)
thankyou for request ya hihi<3

< *ID* LANGUAGE >

Haii guys!
Thanks udah relain sedikit waktu kalian buat baca post" ku hihi :)

Okay..
Jadi dalam postingan ku kali ini aku bakalan ngebahas mengenai "Anorexia Nervosa yang pernah tinggal di badanku :')"
Sebenernya alin request "How to burn calories on your stomatch" haha,berhubung masalah diet-diet bukan ahlinya aku kalo sekarang" ini.. (karna kerjaanya makan mulu:")
Jadi aku kaitin sama masalah "Anorexia" yang pernah aku alamin :)!
Awalnya aku malu buat nge-share hal yang paling memalukan yang pernah terjadi di hidup aku, tapi aku pikir kalau pengalaman yang memalukan bisa jadi inspirasi dan motivasi buat banyak orang, kenapa enggak? hihi

Dan mungkin banyak dari kalian yang udah familiar sama penyakit ini, tapi mungkin juga ada beberapa dari kalian yang kurang tau apa sih anorexia itu?! Aku jelasin sedikit ya dari wikipedia.

So, here you are ..

ANOREXIA NERVOSA


 Anorexia nervosa is an eating disorder characterized by food restriction, odd eating habits or rituals, obsession with having a thin figure, and an irrational fear of weight gain. It is accompanied by a distorted body self-perception, and typically involves excessive weight loss.

->  Anorexia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan pembatasan makanan, kebiasaan makan yang aneh atau ritual, obsesi dengan memiliki figur tipis, dan ketakutan irasional kenaikan berat badan. Hal ini disertai dengan tubuh persepsi diri terdistorsi, dan biasanya melibatkan penurunan berat badan yang berlebihan.

 Oke mungkin bahasanya ngebingungin buat beberapa dari kalian haha, Aku jelasin pake bahasa ku aja ya..

Jadi Anorexia itu penyakit gangguan makan, dan penyakit ini bisa dibilang penyakit yang aneh. Karena mungkin awalnya penderita anorexia nervosa ini punya penyakit obesitas atau kelebihan berat badan yang buat badannya terlihat lebih dari normal. Dan banyak faktor-faktor eksternal yang buat si penderita ini drop dan akhirnya penyakit anorexia ini masuk dalam kehidupan si penderita dan lama-kelamaan pasti bakalan nge-hancurin hidupnya...

Dan semua itu terjadi di hidupku..
Jadi begini ceritanya..

Pas aku kelas 4, ga ada kerjaan lain selain aku tuh makan dan nyemil. Dan aku tuh emang udah keturunan dari papaku gendut dan bongsor. Jadi ya apa boleh buat,..
Saat itu aku masih santai aja dan gak peduli sama bentuk badan aku. Hidup aku seneng-seneng aja, ga ada yang ngebebanin, dan setiap hari pasti aku ceria-aktif, ga ada kata cemberut dan diem di kamus hidupku saat itu... Tapi hari demi hari aku makin stress karena setiap orang yang ketemu sama aku pasti ngomong " ih.. kamu gendut banget yaa!" "pipi bakpau haha.." "kayak babi" dan sebagainya..
Dan karena aku masih kecil dan imanku belum kuat atas hinaan yang sebenernya sih perkataan basi-basi aja, kata" itu justru yang buat aku jatuh ke lubang dosa yang dalemm bangett.. Dari sini juga kita bisa belajar, hati-hati kalau mau keluarin perkataan dari mulut kita, sesuai sama pepatah "Mulutmu HarimauMu" , Jangan sampai perkataan yang keluar dari mulut kalian itu sampe membunuh iman orang yang kamu omongin itu..
Lain halnya kalau kamu ngejek orang yang berhati batu itu atau yang imannya kuat ga akan ngaruh begitu banyak haha. Nah kalau kamu mengejek org yang kebetulan mudah tersinggung dan gampang sakit hati kan gawat haha..
Jadi, better keep your mouth from any kind of bad words deh sebelum terlambat,
karna apa yang udah terlanjur kamu ucapin itu gak bakal bisa ditarik lagi hehe..

Next kita masuk ke gimana anorexia yang udah masuk dihidup aku..
Saat aku udah gatahan lagi dikatain terus aku bertekad buat kurus!! gimanapun caranya, aku bakal ngelakuin segala cara apapun buat kurus dan ngebuktiin ke orang-orang kalau aku juga bisa kurus..
Tekad ini sebenernya ada positive nya ya buat badan ku yang saat itu gendut banget..
Tapi tekad dan semangat ku ini udah melewati batas dan akhirnya keterusan sampe aku udah kurus yang ga sewajarnyaa..

Saat itu papa mama ku lagi kerja di luar kota..
Dan aku ditinggal bertiga di rumah, ada ama(nenek) dari mamaku , adik aku dan aku sendiri.
Kesempatan ini yang buat aku berpikir "bagus nih, aku bisa cari kesempatan buat ga makan!"
Saat hari itu dimulai, ada aja taktik dan kebusukan otak ku buat cari kesempatan makan dikit dan melakukan hal 'gila'..
Setiap harinya aku ngeluh "yaampun gendut banget" "ama! aku gendut banget"
Dan waktu yang paling aku benci ialah waktu makan..

Mulai saat itu, aku mengawali dari makan yang semakin hari semakin dikit porsinya, sampai-sampai benar" parah aku hanya makan sesendok nasi :")
Setiap kali makan pasti seperti itu.. dan aku paling takut kalau nasi ku di ambilin, karna pasti diambillinnya banyak dan saat itu badan ku sudah bisa dibilang 'kurus'.
Setiap kali begitu dan terus terulang hal itu..
Sampai pada saat pertengahan kelas 5 dan papa mama ku kasih kabar kalau mereka akan pulang..

Perasaan ku campur aduk, karena disamping sadar keadaan badanku, dan juga ada perasaan takut karena takut papa mama marah dan sedih karena badan ku tinggal tulang berlapis kulit, dan juga perasaan 'yaudahlah' mempertahankan sifat anorexia ku ini..

Setiap kali aku mandi dan berkaca pasti aku bilang dalam hati..
"Ya Tuhan aku mau kurus" "Tuhan bantu aku kuruskan badan ini" "Tuhan kenapa aku gendut banget!!" dan sebagainya,, padahal badanku sudah seperti gambar diatas, :") bener-bener tinggal tulang dan aku masih melihat badanku seperti 'gajah' ..

Ya seperti itulah aku ngejalanin hidup saat itu,,

Dan saat papa mamaku pulang, aku teriak seneng sekaligus khawatir dan langsung nyambut kedatangan papa mamaku.. Dan kaliaan tau? Papaku hampir pingsan :| karena meluk anaknya yang dulunya chubby chubby penuh daging, skrg sisa tulang yang bahkan terasa pas dipeluk,
Dan akirnya sepanjang hidupku penuh dengan ocehan, ocehan dan ocehan..
Dan pada saat itu aku belum nyadar kalau mreka marah karena mreka sayang sama akuu.. mreka sedih karena anaknya benar-benar berbeda, bukan anak yang dulu mereka kenal lagi..
Malah aku menganggap kalau mreka sangat membenci aku dan pengen ngeliat anaknya gendut.. astagaa.. sampe heran juga kalo ngeflashback :")

Tiap aku makan dan makan, aku selalu dinasehati " makan yang banyak! " "mending gausah makan kalau makan segitu doang!" "kamu harus gini gini gitu gitu,..."
Dan akupun makin depresi dan setiap kali makan, pasti aku kumpulin semuanya dimulut dan pura-pura ke toilet dan nge-buang makanan itu hati aku kayak takut-gelisah gak jelas gitu dan tiap kali, aku ganti tempat buat buang makanan yang udah ku emut itu kadang di toilet, di wastafel, dan bahkan pernah sampai di buku pelajaran aku muntahin dan aku tutup erat-erat :") gila yaa.. hidup penuh dosa bisa dibayangin lah gimana gelisahnya..

Sampai-sampai setiap kali aku melakukan itu..
Papa sama mama pun heran kenapa aku ga gendut-gendut..
Dan akhirnya aksi ku ini ketauaan sama papaku, dan papaku langsung marah besar, dia nangis astagaa dan nangisnya itu pnuh rasa kecewa dan hancur</3 mungkin saat itu dia ngomong di hati " Tuhan, kau apakan anakku ini? Tuhan anakku dipenuhi iblis, kenapa ini bisa terjadi" mungkin seperti itulah,..
Aku gak tahan melihat air mata yang keluar dari mata papaku, dan aku pun ikut menangis dan tentunya rasa kebencian selalu ada di hati..

Sempet aku dikasih obat untuk gendut, dan sama lagii..
Aku selalu bisa aja ngelakuin segala cara buat gak makan obat-obatan itu, Apel pun aku gak berani makan.. aku pura-pura makan sedikit dan kluar rumah cuman buat buang apel itu :" dan sempat aku berkata "maaaf ya apel, maaf Tuhan" terus dan terus gak jelas kayak gitu..

Rasanya ada setan yang terus ngerasuki badanku :"(
Papa mama terus ribut dan saling nyalahin karena ga ada yang jagain aku sampe badan aku tinggal tulang, setiap kali aku makan pasti ribut, setiap kali aku ketemu orang pasti aku diomelin, aku dibawa ke rumah sakit dan di nasehati dan habis itu pasti nangis lagi, aku dibawa ke psikolog dan dikasih tau sma psikolog dan diberi gambar kayak gini ..
Dokternya jelasin penyakitnya namanya Anorexia Nervosa, dokternya bilang cewe ini badannya sudah seperti ini dan dia tetap menanggap diri dia gendut, dia selalu gamau makan, dan sebagainnya. Tanpa nyinggung kalau aku juga kayak orang yang di dalam foto itu, dan saat itu pun aku masih anggep diri aku bukan kayak itu aku mah gendut gak seperti di foto itu.. yap namanya udah kena anorexiaa .. susah :"

Dan gantian papa mama ku di interview.. Aku gatau dokter ngomong apa ke mereka, sampai keluar-keluar mereka berdua nangis dan aku ya diem aja sampe sampai dirumah..

Dan saat ke rumah saudara mama,
Aku didoain sama saudara mama sama anak gereja, saat itu pertama kalinya aku kenal yang namanya kuasa doa:'). Mereka doaain aku, sungguh-sungguh banget dan sampe buat aku gatahan denger kata demi kata - doa yang mereka ucapin, aku pun nangiss lagii..
Cengeng banget haha..
Setelah itu aku ngerasa hati ku lega banget, aku udah ga ngerasa kegelisahan nyelimutin hati aku, dan aku disuruh percaya kalau Tuhan mampu menyembukan segalanya..
Dan saat itu aku masih iya-iya aja..

Sempet juga aku dibawa ke tempat dewa-dewa gitu, aku dimandikan kembang, didoain, nama ku diganti karena kurang baik atau bagaimana aku juga ga ngerti, terus aku juga di beri air dari kertas kuning, aku didorong bangku dewa karena katanya ada setan yang merasuki hidup aku.. ya ritual kepercayaan gitu, tapi setelah itu semua aku kurang ngerasain yang adanya kelegaan hati, bukan berarti aku ngejelekkin ya:(, aku juga ga ngerti kenapa:" hhuuuhu

Dan hari demi hari aku pun udah mulai ga takut lagi yang namanya makan, aku lama kelamaan udah berani makan nasi lagi, aku diberi support sama saudara-saudara sama temen-temen tercinta ku haha, aku mulai percaya kalau Tuhan sanggup nyelametin hidup aku, lama kelamaan badan ku balik lagi dan sampai saat ini aku udah gendut lagi :") Puji Tuhan haha..

Dan papa mama ku juga ikut seneng, semuanya bahagiaa..
Ga ada lagi namanya kegelisahan, ga ada lagi ribut-ribut gajelas, ga ada lagi ketakutan.
Semua karena Tuhan sayang sama aku, dia sayang papa mama dia sayang sama semua umatnya :") Thanks God, I belive in You!!

Dan mulai sejak itu aku jadi ke gereja lagi setelah udah beberapa tahun ga ke gereja.
Aku mulai ceria dan jadi Junita yang dulu lagi, ga ada lagi diem-dieman ga ada lagi kebencian dan dengki di hati aku <3<3

Dan dari pengalaman Anorexia aku ini aku harap jadi pelajaran yang berharga ya buat kalian semua..:)
Aku share ini karna aku sayang sama smua temen" aku..
Dan kalau ada salah satu dari kalian yang kena penyakit kayak aku ini fighting!!Oke?
Sadar kalau kalian itu diciptain Tuhan istimewa:) Semangat"!
Balikk lagi ke diri kalian yang dulu! Terus percaya dan berdoa..
Tuhan pasti menyelamatkan kalian dari si iblis jahat itu:)

Dan buat kalian yang ga kena penyakit ini, Puji Tuhan :3
Setidaknya ada hikmah yang bisa kalian dapetin dari pengalaman ku ini..
Terus bersyukur dan bersyukur,
gimana pun bentuk badan kamu, gimana pun derajat kehidupan kamu,
selalu inget untuk tetep "BERSYUKUR",
karena ga ada yang lebih indah selain kamu bisa sabar dan mensyukuri smua anugerah Tuhan :)
Dia pasti bakal ngasih kalian 10x lipat dari kebahagiaan yang semestinya, walaupun dimata manusia susah untuk dijalanin,, tapi inget terus jalan-Nya itu bakal menuntun kita ke kebahagiaan yang kekal dan sesungguhnya<3<3
Tapi bukan berarti kamu gaboleh buat gendutin atau ngurusin badan kamu yaa kalau memang badan kamu kurang sehat, justru boleh banget kalian usaha buat badan yang sehat! Tapi inget jangan berlebihan kayak apa yang udah aku lakuin :3




Thankyou udah baca pengalaman ku ini yaa:)
Kalau ada saran/advice buat blog aku makin baik mohon comment di bawah ini ya:3
Dan aku juga butuh pendapat kalian dari postingan-postingan aku ini :), apa yang kurang dan perlu di perbaikin:)
Kalau ada pertanyaan juga comment di bawah ini yaa hihi:)
Feel free to comment yapp;)

Sekali lagi semoga ini jadi inspirasi dan motivasi buat kalian buat tetep bersyukur dan semangat hadepin segala rintangan!
OKE??
God Bless You guys ily!

CHEER UP,


Junita :*

5 comments:

  1. kl mau ngurusin badan tapi emang sukanya mkn dan nafsu gak bisa ditahan gimana caranya ? oke lah ini pertanyaan yang agak susah but i hope you answer ya jun gak dianswer juga gpp kok thx

    ReplyDelete
  2. heyy jojo hehhe.
    sorry late rep ya :)
    itu sih aku banget sekarang :") wkwk, menurut aku sih susah ya jo, tapi gatau kalo misalnya ada caara lain, nih ibarat kita mau juara 1 tapi kerjaan kita main terus, ga bakal mungkin kan? dan saat kita mau kurus dan kerjaan kita makan mulu wkwk susah itu , menurut aku sih kalo bener" niat kurus usaha nomer 1, gausah ninggalin makan jo, goggling deh coba cari pengaturan pola makan yg cocok sama kamu , lebih ke pengaturan waktu & olahraga sih hehe

    hope it help yaa!!
    thanks for asked <3

    ReplyDelete
  3. How to make money online at mr-bet, free spins, no deposit
    › › How-to worrione › How-to How-to Start earning with Mrbet and start earning real money online with an online casino. There are some tips and tricks you can use when making an หารายได้เสริม online casino. 샌즈카지노

    ReplyDelete